6 Tips Mudah Memulai Bisnis Frozen Food

Bisnis frozen food atau makanan beku sudah menjadi tren beberapa tahun belakangan. Ini karena Sebagian besar gaya hidup mulai berubah.

Produk frozen food memiliki beberapa keunggulan, antara lain mudah disimpan dan dikonsumsi kapan saja. Selain itu, pengemasannya pun mudah untuk dikirim-kirim di dalam ataupu ke luar kota.

Anda juga tertarik memulai bisnis ini? Simak 5 tips memulai bisnis frozen food!

1. Menentukan jenis produk
Produk frozen food beragam jenisnya. Sebelum memulai bisnis ini, tentukan dulu produk apa yang akan Anda jual. Sesuaikan dengan kemampuan produksi jika Anda berniat memproduksinya sendiri.

Beberapa jenis produk frozen food antara lain, daging beku, ayam potong beku, atau olahan daging seperti bakso, nugget, dan lain-lain.

2. Menghitung modal awal
Menentukan jenis produk membantu Anda dalam menyiapkan modal awal. Hitung perkiraan modal yang Anda perlukan untuk memulai bisnis frozen food.
Hitung secara terperinci, karena perhitungan awal ini menentukan perkembangan bisnis ke depannya.

3. Menyiapkan alat
Bisnis frozen food menuntut Anda untuk memiliki peralatan utama. Alat utama yang perlu disiapkan adalah mesin pendingin atau freezer.
Pastikan Anda memiliki freezer dengan kualitas baik, karena ini sangat berpengaruh terhadap kesegaran produk Anda.

4. Pemasaran dan Promosi Digital
Tips berikutnya ialah melakukan persiapan untuk melakukan pemasaran dan promosi digital. Sasar target utama Anda, misalnya masyarakat kota Anda.

Jika Anda berniat untuk menjualnya kepada konsumen daerah lain, pastikan produk frozen food Anda dikemas dengan baik. Siapkan juga dana untuk pengemasan.
Pemasaran dan promosi digital bisa dilakukan melalui media sosial ataupun iklan berbayar. Akan lebih baik jika Anda bisa memasarkannya di pasar online.

5. Memiliki Izin Resmi
Jika Anda memproduksi sendiri produk frozen food tersebut, pastikan Anda mengurus surat izin edar yang resmi.
Selain lebih aman, memiliki izin resmi juga menambah kredibilitas brand Anda.

6. Kemasan yang aman dan menarik
Produk frozen food adalah produk yang cukup riskan. Karenanya, Anda perlu memikirkan kemasan yang aman, menarik, dan sesuai dengan produk Anda.
Kemasan menjadi hal penting karena selain menjaga kualitas produk, kemasan juga menambah nilai jual produk Anda.

Seperti produk-produk dari Doyan Ayam yang memiliki kemasan khusus. Kemasan ini menjadi identitas dari brand Doyan Ayam sehingga mudah dikenali oleh konsumen.

Gimana? Setelah menyimak 6 tips di atas, sudah siap memulai bisnis frozen food?

Leave a Reply

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp atau kirim email waralaba@doyanayam.com

× Hubungi Kami via Whatsapp