fbpx

Biar Awet, Ini 5 Cara Menyimpan Masakan Bersantan

Indonesia memiliki berbagai macam masakan khas dari berbagai daerah. Santan menjadi salah satu bahan yang cukup banyak digunakan untuk membuat masakan lebih gurih dan nikmat. Baik untuk masakan khas Hari Raya maupun untuk masakan sehari-hari. Sebut saja Rendang, Gulai, Opor Ayam, dan lain-lain.

Namun, pengolahan yang kurang pas dan penyimpanan yang salah bisa membuat masakan bersantan jadi cepat basi. Apa Anda juga pernah mengalaminya?

Jika iya, berikut akan kami berikan 5 cara menyimpan masakan bersantan yang benar, agar masakan jadi lebih awet dan gak gampang basi.

1. Jangan lupa panaskan kembali
Masakan bersantan yang dibiarkan di suhu ruangan atau ruangan terbuka, bisa mempercepat pertumbuhan jamur dan menyebabkan basi. Karena itu, masakan bersantan harus sering dipanaskan lagi. Panaskan hingga benar-benar mendidih.

2. Hindari mengaduk
Makanan bersantan yang sudah dipanaskan hingga mendidih, dibiarkan hingga uap panasnya hilang. Namun, hindari mengaduk masakan bersantan setelah dipanaskan, ya. Hal ini bukan tanpa sebab.
Mengaduk masakan bersantan setelah dipanaskan bisa membuat protein dan lemak dalam santan terkontaminasi udara. Kalau sudah terkontaminasi, akan cepat basi.

3. Biarkan hingga benar-benar dingin
Setelah dipanaskan, biarkan masakan bersantan benar-benar dingin dengan sendirinya di suhu ruangan. Setelah benar-benar dingin, Anda bisa memasukkan masakan tersebut ke dalam wadah dan tutup rapat.

4. Taruh di kulkas atau freezer
Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menaruh masakan bersantan di dalam kulkas atau freezer. Pastikan sebelum memasukkan ke dalam kulkas, Anda memasukkan masakan tersebut ke dalam plastik atau wadah yang benar-benar bersih dan rapat.
Di dalam kulkas atau freezer, pasti ada bahan makanan lain yang bisa saja mengontaminasi masakan bersantan. Untuk itu, wadah yang rapat bisa melindungi masakan Anda.

5. Pisahkan kuah dan lauk
Cara terakhir yaitu memisahkan kuah dan lauk pada masakan bersantan. Kuah bisa dimasukkan ke dalam freezer, sedangkan lauk bisa ditaruh di kulkas bagian bawah.

Memisahkan kuah dan lauk gunanya untuk menghindari agar tekstur lauk menjadi rusak atau hancur ketika dipanaskan kembali.

Itulah 5 cara menyimpan masakan bersantan agar lebih awet dan tahan basi. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp atau kirim email waralaba@doyanayam.com

× Hubungi Kami via Whatsapp