fbpx

Catat! Ini Tips Mengolah Ayam agar Tidak Amis

Daging ayam adalah salah satu bahan utama dalam pembuatan makanan di Indonesia. Banyak keluarga Indonesia yang menyukai daging ayam sebagai menu makanan harian. Namun, bagi mereka yang kurang ahli dalam memasak, akan mengalami kesulitan ketika mengolah daging ayam. Yaitu menghilangkan bau amis pada daging ayam.

Daging ayam mentah memang berbau amis, karena ada sisa darah yang tertinggal ketika dipotong. Namun, kalau daging ayam diolah dengan benar, maka bau amis itu akan hilang gak berbekas kok.

Seperti menu-menu yang ada di outlet Doyan Ayam. Daging ayam dibersihkan, diolah, dan dimasak dengan baik oleh para crew. Sehingga tidak meninggalkan bau amis ketika dimakan. Makan pun terasa nikmat dengan tambahan berbagai varian saus khas dari Doyan Ayam.

Berikut ini, kami bagikan tips mengolah daging ayam agar tidak amis:

Jeruk Nipis, Asam, Atau Cuka
Sifat asam pada jeruk nipis, asam jawa/kandis, dan cuka sangat ampuh menghilangkan berbagai bau-bauan, salah satunya bau amis pada daging ayam. Gunakan salah satu bahan saja ya.

Cara pemakaiannya cukup mudah. Daging ayam yang sudah dicuci bersih kemudian diberi perasan jeruk nipis atau asam dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Tips untuk asam kandis atau asam jawa, beri air sedikit agar asam laur pada air sebelum digunakan untuk mencuci ayam.
Jika Anda tak punya jeruk nipis atau asam di rumah, maka bisa juga gunakan cuka. Caranya, daging ayam yang sudah bersih diberi cuka kira-kira satu sendok makan untuk 1kg ayam, kemudian beri air sedikit agar air cuka bisa merata. Diamkan selama 5-10 menit saja. Lalu cuci Kembali sebelum dimasak.

Jahe
Jahe merupakan rempah-rempah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Sering dipakai untuk campuran bahan masakan ataupun minuman sehat berkhasiat. Selain itu, ternyata jahe juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada daging ayam, lho.
Wangi jahe yang khas dan kuat akan membantu menghilangkan bau amis.

Caranya, ambil jahe kira-kira 2cm untuk 1kg ayam, parut hingga halus, lalu campurkan dengan daging ayam. diamkan selama 30 menit kemudian cuci lagi sampai bersih.
Itulah beberapa tips mengolah daging ayam agar tidak amis. Bahan-bahan yang digunakan sangat sederhana dan mudah didapat, kan?

Jadi mulai sekarang, Anda bisa memasak daging ayam dan terbebas dari bau amis.

 

Leave a Reply

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp atau kirim email waralaba@doyanayam.com

× Hubungi Kami via Whatsapp