fbpx

Cegah Radang Tenggorokan dengan 4 Makanan Ini

Radang tenggorokan adalah kondisi yang sering dialami banyak orang. Gejalanya bisa berupa tenggorokan panas, sulit/sakit ketika menelan, dan batuk-batuk. Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Ketika mengalami kondisi ini, ada beberapa makanan dan minuman yang perlu Anda hindari. Misalnya makanan manis, pedas, dan kopi. Hindari juga makanan bergetah, seperti mangga muda, sawo, dan lain-lain.

Namun, bagaimana agar kita bisa mencegah datangnya radang tenggorokan? Makanan apa yang sebaiknya kita konsumsi? Berikut 4 makanan yang bisa membantu mencegah radang tenggorokan.

1. Sup kaldu dengan bawang dan lada hitam
Sup adalah makanan yang sangat cocok dikonsumsi ketika masih hangat. Rasanya yang gurih dan hangat, membuat tengorokan kita menjadi lebih nyaman.

Nah, ketika Anda merasa tenggorokan mulai gatal dan kurang nyaman, Anda bisa mengonsumsi sup kaldu dengan bawang dan lada hitam untuk menghangatkan tenggorokan. Perbanyak juga minum hangat agar rasa gatal di tenggorokan tidak semakin parah dan meradang.

2. Labu kuning dan kayu manis
Dilansir dari detik.com, labu kuning atau ubi-ubian memiliki dua kandungan utama yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh, yaitu vitamin A dan C. Selain itu ubi-ubian juga mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang bisa membantu menangkal virus dan racun di dalam tubuh.

Untuk membuat olahan labu kuning atau ubi-ubian lain, Anda bisa menambahkan kayu manis dan gula merah. Kayu manis dan gula merah efektif melawan virus, bakteri, juga jamur.

3. Jahe
Jahe adalah salah satu tumbuhan yang paling dicari ketika virus corona baru masuk di Indonesia. Harganya pernah melambung karena permintaan pasar yang tinggi. Bukan tanpa sebab, jahe memang memiliki manfaat untuk menangkal virus dan bakteri penyebab radang. Hal ini karena jahe punya sifat anti-inflamasi yang sangat baik.
Untuk mencegah radang tenggorokan, seduh jahe dengan campuran serai dan gula merah. Caranya cukup iris tipis semau bahan dan tuangkan air panas. Minum selagi masih hangat.

4. Madu
Mirip dengan jahe, madu juga sempat mengalami kenaikan harga di awal-awal kasus covid-19 merebak. Madu memang punya banyak khasiat untuk menjaga imunitas tubuh. Madu juga kaya akan zat antibakteri dan anti inflamasi.

Itulah beberapa makanan dan asupan yang sangat baik untuk mencegah radang tenggorokan. Tetap jaga imun dan stamina selama pandemi dengan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

 

Leave a Reply

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp atau kirim email waralaba@doyanayam.com

× Hubungi Kami via Whatsapp