fbpx

Cek 5 Bahaya Jika Mengonsumsi Daging Sapi Berlebihan

Menu hidangan dengan bahan dasar daging sapi selalu laris dan ramai peminat. Daging sapi memang bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Jadi tak heran jika banyak orang yang menyukai daging sapi.

Daging sapi memang memiliki kandungan gizi dan protein yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Tapi di balik itu, daging sapi juga bisa membahayakan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Berikut 5 bahaya jika Anda terlalu banyak mengonsumsi daging sapi:
1. Mengantuk
Mengonsumsi terlalu banyak daging sapi bisa menyebabkan mengantuk. Dalam beberapa sumber, hal ini disebut dengan kabut otak. Ini terjadi karena tubuh memerlukan waktu yang lama untuk memproses daging sapi.

Daging sapi juga memiliki kandungan lemak jenuh. Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh bisa menyebabkan peradangan dalam tubuh dan mengganggu fungsi organ tubuh tanpa kita sadari.

2. Kolesterol
Tubuh kita memang memerlukan kolesterol. Namun kolesterol yang terlalu tinggi akan membahayakan tubuh. Daging sapi menjadi salah satu penyebab meningkatnya kolesterol dalam tubuh kita.

Jika kadar kolesterol kita tinggi, biasanya akan muncul tanda-tanda seperti sakit kepala, nyeri tengkuk, kesemutan, hingga nyeri di sekitar dada.

3. Menyebabkan sembelit
Daging sapi hampir tidak memiliki kandungan serat. Jadi, ketika mengonsumsi daging sapi secara berlebihan, sistem pencernaan akan terganggu dan bisa menyebabkan sembelit. Untuk itu, dianjurkan ketika mengonsumsi daging sapi, imbangi juga dengan mengonsumsi buah dan sayur.

4. Berat Badan Naik
Berat badan yang naik ternyata menjadi salah satu dampak dari mengonsumsi daging sapi secara berlebihan. Ini dikarenakan protein yang ada pada daging sapi bisa berubah menjadi lemak dan menumpuk di tubuh kita.
Maka sangat dianjurkan, untuk Anda yang menyukai daging sapi, Anda haru mengimbangi dengan olahraga secara rutin.

5. Menyebabkan Gangguan Jantung
Bahaya lain yang bisa datang karena berlebihan mengonsumsi daging sapi adalah gangguan pada jantung. Tingginya lemak jenuh yang ada pada daging sapi bisa meningkatkan kolesterol yang buruk untuk tubuh, serta menyebabkan risiko pada jantung.

Selain jantung, ginjal juga menjadi terancam. Sebab senyawa purin yang ada pada daging bisa membentuk asam urat. Dan itu berbahaya untuk kesehatan ginjal Anda.

Itulah beberapa bahaya yang disebabkan mengonsumsi daging secara berlebihan. Mulai sekarang, konsumsilah makanan sesuai batas wajar dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan, ya.

 

Leave a Reply

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp atau kirim email waralaba@doyanayam.com

× Hubungi Kami via Whatsapp