Ini Tips Bangun Bisnis Makanan dengan Modal Kecil

doyan ayam di jakarta

Apakah Anda berminat membangun bisnis makanan, tapi ragu karena terkendala modal? Bisnis makanan memang jadi sektor bisnis yang tak pernah mati. Hal itu karena setiap orang butuh makan.

Tapi, itu bukan berarti bisnis makanan akan selalu berjalan mulus. Karena faktanya, persaingan bisnis makanan sangatlah ketat. Untuk itulah diperlukan strategi yang baik dalam membangun bisnis makanan.

Untuk Anda yang ingin memulai bisnis makanan, mulailah dengan modal yang Anda punya. Tak harus dengan modal besar untuk memulai bisnis makanan.

Berikut tips membangun bisnis makanan dengan modal kecil:
1. Persiapkan Modal Awal
Tidak ada bisnis yang bisa berjalan tanpa modal. Jika Anda memiliki modal di bawah 5 juta, Anda bisa memulai usaha makanan dari rumah. Misalnya menjual makanan dan lauk-pauk sehari-hari. Atau bisa juga membuka pesanan kue dan jajanan pasar.
Jika Anda punya modal sedikit lebih besar, misalnya di atas 10 juta, Anda bisa mencoba bisnis waralaba atau franchise.
Bisnis franchise memiliki keunggulan tersendiri. Brand yang sudah terbangun akan memudahkan Anda untuk menjalankan bisnis franchise. Anda tak perlu lagi keluar banyak modal untuk branding atau mengenalkan merek Anda ke masyarakat.

2. Tentukan target pasar
Setelah menyiapkan modal, Anda perlu menentukan target pasar. Misalnya target Anda adalah karyawan perkantoran di daerah A, maka Anda perlu mencari tempat usaha yang strategis.

Dengan menentukan target pasar, kita akan lebih mudah menetapkan harga jual, jenis makanan, dan lain-lain.

3. Ketahui kelebihan dan kekurangan produkmu
Setelah menentukan target pasar, kita akan fokus pada produk. Buatlah produk yang sesuai dan dibutuhkan oleh target.

Ketahui apa yang menjadi keunggulan produk kita. Misalnya, produk kita terbuat dari bahan-bahan organik sehingga lebih sehat. Atau produk kita memiliki kemasan yang bagus dan praktis untuk dibawa. Dan lain sebagainya.
Selain mengetahui keunggulan, ketahui juga kekurangan produk kita, sehingga kita bisa melakukan evaluasi dan perbaikan.

4. Strategi pemasaran
Untuk bisnis makanan, strategi pemasaran yang paling ampuh adalah promosi dari mulut ke mulut. Cita rasa makanan adalah hal yang paling utama.
Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba pemasaran dengan memanfaatkan teknologi. Anda bisa mencoba berpromosi lewat media sosial, iklan adsense, atau bahkan bekerjasama dengan sejumlah influencer.

Leave a Reply

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp atau kirim email waralaba@doyanayam.com

× Hubungi Kami via Whatsapp