fbpx

Lakukan 4 Hal Ini Agar Terhindar dari Alergi Makanan

Alergi adalah sebuah keadaan ketika sistem kekebalan tubuh menganggap protein dalam sebuah makanan merupakan ancaman. Karena dianggap sebuah ancaman, maka sistem imun kita akan mengeluarkan Imunoglobin E (IgE) untuk menetralisir makanan tersebut.

Saat itulah timbul kejala alergi seperti gatal, ruam di kulit, mual, hingga muntah. Biasanya gejala alergi yang timbul adalah gejala ringan. Namun ada juga risiko alergi yang bisa membuat seseorang hilang kesadaran.

Alergi sangat erat kaitannya dengan faktor genetik. Artinya, jika orang tua memiliki alergi, kemungkinan besar anak juga memiliki alergi. Penyebab alergi juga macam-macam. Baik itu alergi debu, cuaca, hingga makanan.

Anda juga memiliki alergi makanan? Yuk, simak 4 hal yang harus Anda lakukan agar terhindar dari risiko alergi yang berbahaya.
1. Ketahui makanan penyebab alergi
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui makanan apa yang menjadi penyebab alergi. Beberapa orang memiliki alergi terhadap makana laut seperti ikan, udang, kepiting, atau kerang. Namun ada juga yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan.
Nah, untuk menghindari Anda dari risiko alergi, Anda harus tahu dulu penyebabnya. Jika Anda belum bisa mengidentifikasi makanan penyebab alergi, maka konsultasikan kepada dokter.

2. Baca komposisi produk sebelum membeli
Ketika membeli makanan kemasan, Anda harus cermat melihat komposisi produknya. Apalagi jika Anda alergi terhadap bahan tertentu yang bisa saja terkandung dalam beberapa makanan.

3. Pastikan mengolah makanan dengan benar
Alergi yang timbul ternyata tidak hanya berasal dari kandungan makanannya. Bisa jadi karena cara kita mengolah makanan tersebut.

Sebelum mengolah makanan, pastikan Anda mencucinya sampai benar-benar bersih. Masak bahan tersebut hingga matang sempurna. Jika dua langkah tersebut Anda abaikan, tak hanya risiko terkena alergi, tapi kesehatan Anda juga bisa terganggu.

4. Konsumsi makanan yang mengadung Vitamin C dan Vitamin E
Selain memerhatikan kandungan makanan, Anda bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin C dan E.

Vitamn C dan E sangat direkomendasikan terutama untuk meningkatkan kesehatan kulit. Alergi di kulit pasti sangat menganggu penampilan Anda, kan? Untuk itu, meningkatkan kesehatan kulit adalah salah satu cara yang tepat untuk menurunkan risiko alergi.

Vitamin C sangat baik untuk meningkatkan produksi kolagen. Sehingga bisa menambah elastisitas dan kelembapan kulit. Sementara vitamin E mengandung antioksidan yang bisa membantu kulit melawan radikan bebas.

 

Leave a Reply

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp atau kirim email waralaba@doyanayam.com

× Hubungi Kami via Whatsapp