Lebih Awet! Ini 5 Tips Menyimpan Bahan Makanan Jika Tak Ada Kulkas

Di masa pandemi begini, menyimpan atau stok bahan makanan adalah hal yang banyak dilakukan. Sebab, kita tak ingin banyak keluar rumah dan pergi ke pasar. Maka stok bahan makanan adalah solusinya.

Tapi, bagaimana caranya menyimpan bahan makanan ketika gak ada kulkas? Apakah masih bisa awet? Misalnya aja nih, di rumah kulkas lagi mati atau anak kost yang gak punya kulkas. Gimana caranya bisar bahan makanan tetap awet?

Yuk, simak beberapa tips di bawah ini untuk menyimpan makanan jika tak ada kulkas.

1. Beli bahan makanan yang awet walaupun tanpa kulkas
Ada beberapa bahan yang bisa awet tanpa kulkas kok. Jadi Anda bisa menyiasati untuk membeli bahan-bahan makanan seperti kentang, wortel, dan bawang.
Tiga jenis bahan makanan itu akan awet walaupun tanpa kulkas. Letakkan bahan-bahan tersebut di tempat yang terbuka dan kering ya. Jauhkan dari tempat lembab atau tempat yang sering terkena air.

2. Menyimpan sayuran segar
Menyimpan sayuran seperti kangkung, bayam, atau sawi bisa disiasati dengan menaruhnya di wadah yang berisi air. Biarkan akar wayuran tersebut terkena air. Dan taruh wadah tersebut di tempat terbuka dengan sirkulasi udara yang baik.
Dengan cara tersebut, dijamin deh sayuran akan segar lebih lama.

3. Merebus jenis sayuran yang cepat rusak
Jika Anda punya stok sayuran yang cepat busuk seperti tomat dan brokoli, maka Anda bisa merebusnya terlebih dahulu sebelum disimpan dan ditutup rapat.
Untuk menyimpan daging ayam, Anda bisa merebusnya dan ditambah berbagai rempah alias diungkep. Ayam yang sudah diungkep akan lebih awet walaupun di taruh di luar kulkas. Selain itu, ayam bisa dengan mudah dipanaskan kembali.

4. Bungkus dengan kertas
Beberapa bahan makanan bisa disimpan dan dibungkus kertas agar lebih awet. Misalnya jamur, daun bawang dan seledri, dan lain-lain.
Usahakan untuk membungkus dengan kertas biasa tanpa tinta. Hal ini untuk menghindari bahan makanan terkontaminasi bahan kimia.

5. Rendam di air garam
Jika Anda adalah pecinta tahu, maka cara termudah untuk membuat tahu awet adalah dengan merendam tahu di air dan beri sedikit garam. Biarkan selama kurang lebih satu jam. Kemudian pindahkan ke tempat tertutup dan beri air bersih. Jangan lupa ditutup dengan rapat.

Leave a Reply

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp atau kirim email waralaba@doyanayam.com

× Hubungi Kami via Whatsapp