fbpx

Manfaat Gula Merah Untuk Tubuh, Jaga Stamina Selama Pandemi

Gula merah yang biasanya hanya digunakan untuk membuat aneka makanan, kini mulai banyak digunakan sebagai alternatif pemanis alami. Wangi yang khas dari gula merah juga disukai banyak orang karena menambah citarasa dari makanan dan minuman yang dibuat.

Gula merah terbuat dari nira, yaitu berupa cairan yang keluar dari pohon aren, kelapa, dan siwalan.
Dari beberapa penelitian, disebutkan bahwa gula merah mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Seperti vitamin C, Kalium, Fosfor, Kalsium, Zat Besi dan lain-lain.

Dengan kandungan tersebut, gula merah dipercaya dapat menjaga stamina dan imunitas tubuh. Hal ini sangat diperlukan agar kita bisa melakukan aktifitas dengan lancar, terutama selama pandemi.

Berikut manfaat gula merah dalam menjaga stamina:
1. Meningkatkan energi
Manfaat gula merah yang pertama adalah meningkatkan energi. Jika Anda merasa lemas dan kurang berenergi, cobalah menambahkan gula merah dalam minuman Anda, seperti kopi atau teh dengan porsi yang sesuai.

2. Tinggi Nutrisi dan Zat Besi
Seperti yang sudah dibahas di atas, gula merah memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Nutrisi tersebut diperlukan untuk menjaga imunitas tubuh. Kandungan zat besi pada gula merah juga tak kalah banyak.

Zat besi berguna untuk meningkatkan energi dan menjaga stamina tubuh. Itulah sebabnya banyak minuman penambah energi yang dijual dengan kandungan zat besi tinggi.
Namun, dengan mengonsumsu gula merah, Anda bisa mendapat asupan zat besi secara alami. Tentu lebih sehat dan lebih aman, bukan?

3. Rendah kalori
Meskipun memiliki segudang nutrisi, gula merah ternyata rendah kalori. Sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet, namun ingin minum manis dan menambah energi.

Kalori memang dibutuhkan oleh tubuh, namun penumpukan kalori yang berlebih juga gak baik untuk kesehatan. Gula merah bisa menjadi alternatif yang pas untuk memenuhi kebutuhan kalori, namun tetap pada kadar yang rendah.

4. Mengandung protein
Dikutip dari liputan6.com, gula merah juga memiliki kandungan protein yang bisa melancarkan sistem metabolisme tubuh. Metabolisme diperlukan untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terkena penyakit.

Itulah beberapa manfaat gula merah. Apakah Anda tertarik untuk mengganti pemanis minuman dan makanan Anda dengan gula merah?

 

Leave a Reply

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp atau kirim email waralaba@doyanayam.com

× Hubungi Kami via Whatsapp