fbpx

5 Bahan Makanan yang Mudah Busuk Jika Disimpan di Kulkas

Salah satu perlengkapan dapur yang wajib dimiliki di zaman sekarang adalah kulkas. Kulkas sangat berguna untuk menyimpan bahan-bahan makanan agar lebih awet sampai berhari-hari.

Namun, gak semua bahan makanan bisa dimasukkan ke kulkas. Beberapa bahan makanan ini malah jadi cepat busuk kalau disimpan di kulkas. Setelah baca artikel ini, pastikan Anda bisa memilah bahan makanan apa saja yang bisa ditaruh di kulkas dan mana yang tidak bisa.

1. Tomat
Tomat jadi salah satu bahan makanan yang segar dan berair. Namun nyatanya, tomat bisa cepat busuk kalau terkena suhu dingin. Jadi lebih baik taruh tomat di tempat terbuka saja, ya. Atau bisa direbus dulu hingga matang, baru disimpan di tempat tertutup.

2. Berbagai jenis bawang
Bawang adalah salah satu bumbu dapur yang gak boleh absen di dapur. Selain melezatkan makanan, bawang juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan.
Namun, banyak orang yang masih salah menyimpan bawang di rumah. Karena masih banyak yang menganggap bawang akan lebih awet jika disimpan di kulkas.

Faktanya, bawang malah cepat busuk dan berair jika disimpan di kulkas.

Bawang membutuhkan sirkulasi udara yang bagus, sehingga tetap kering dan tidak busuk. Baik itu bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah, semua lebih baik disimpan di tempat terbuka ya.

3. Alpukat dan pisang yang belum matang
Buah-buahan adalah makanan yang cukup sensitif. Anda harus bisa menyiasati dan menyimpan buah-buahan dengan benar. Untuk alpukat dan pisang yang belum matang, simpanlah di suhu ruangan.

Karena jika alpukat dan pisang yang belum matang disimpan di kulkas, bisa langsung busuk, lho!

4. Timun
Timun banyak digunakan sebagai pelengkap makanan. Namun masih banyak nih yang salah ketika menyimpan timun. Sifat timun yang berair akan cepat membusuk jika disimpan di suhu dingin. Jadi, akan lebih awet kalau timun disimpan di suhu ruangan yang terbuka ya.

5. Kentang
Jika Anda punya banyak stok kentang untuk pengganti nasi, maka jangan sekali-kali memasukkan kentang ke dalam kulkas. Karena selain teksturnya yang berubah jadi lebih kasar, pati kentang bisa berubah jadi gula jika disimpan di suhu dingin.

Itulah 5 bahan makanan yang sebaiknya tidak ditaruh di kulkas. Mulai sekarang, yuk dipraktikkan di rumah masing-masing!

 

Leave a Reply

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp atau kirim email waralaba@doyanayam.com

× Hubungi Kami via Whatsapp