6 Cara Mengatur Keuangan untuk Anak Muda – Doyan Ayam

6 Cara Mengatur Keuangan untuk Anak Muda

Mengatur uang adalah salah satu kesulitan yang banyak dialami oleh anak-anak muda. Terutama mereka yang baru berkuliah, baru lulus kuliah, atau baru memulai babak baru sebagai pekerja.

Kebanyakan dari anak muda akan menghabiskan uangnya bersama teman-teman, keluarga, memuaskan hobi, dan lain-lain.

Namun, memasuki usia pertengahan dua puluh, banyak anak muda yang kemudian berpikir untuk masa depannya. Di usia ini, mereka sadar bahwa harus mulai menabung dan mengatur uangnya dengan bijak.

Jika ada dari Anda yang mengalami hal serupa, di artikel ini kami akan berikan 6 cara mengatur keuangan, khususnya untuk anak muda.

1. Membuat Budget Planning
Budget planning atau perencanaan keuangan adalah cara pertama yang bisa Anda lakukan. Buat perencanaan keuangan ini secara terperinci. Anda bisa membuat planning harian, mingguan, atau bulanan.
Misalnya,

2. Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran
Mungkin terlihat sepele. Namun dengan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran, Anda bisa melakukan evaluasi setiap harinya.
Pengeluaran yang kurang penting, bisa Anda tekan agar lebih hemat dan bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lebih penting.

3. Mengendalikan Ego
Cara selanjutnya yang tak kalah penting adalah mampu mengendalikan ego. Keinginan kita untuk menghabiskan uang demi memuaskan ego akan membuat Anda menyesal di kemudian hari. Gunakan uang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan selalu mengikuti trend hanya demi terlihat keren.

4. Hindari Hutang
Mendapat pinjaman uang dari kantor atau seorang teman memang menyenangkan. Tapi kebiasaan ini bisa membuat Anda kesulitan di kemudian hari. Hindari juga kredit mobil, rumah, dan barang mewah lain jika Anda belum mampu mengatur keuangan dengan baik.

5. Jangan belanja secara berlebihan
Sebagai pekerja, biasanya Anda akan tergiur membeli berbagai macam barang di awal bulan. Anda mungkin berpikir bisa mengatur sisa uang setelah Anda belanja.
Namun, jangan jadikan ini sebagai alasan agar kita bisa belanja secara berlebihan. Belilah sesuatu yang benar-benar Anda butuhkan dan pastikan barang tersebut terpakai.

6. Mencari sumber penghasilan tambahan
Setelah Anda mencoba praktikkan cara-cara sebelumnya, kini saatnya Anda memikirkan untuk mencari sumber penghasilan tambahan.

Misalnya dengan menggunakan keahlian Anda dan bekerja sebagai freelance. Atau Anda bisa memikirkan untuk merintis bisnis dengan prospek yang jelas.

Salah satu bisnis yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan Anda adalah bisnis franchise. Sebelum membeli lisensi franchise, pastikan bahwa franchise tersebut memiliki prosedur dan prospek yang terukur.

Anda bisa memulai dari menjadi mitra Doyan Ayam, Xio Boba, atau minuman cokelat Same Story. Brand-brand tersebut sudah terbukti dipercaya dan memiliki ratusan outlet seluruh Indonesia.

Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing online kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp

× Hubungi Kami via Whatsapp