fbpx

Jangan Anggap Sepele, Ini 4 Tips Memilih Partner Bisnis yang Baik

Anda kesulitan mengembangkan bisnis? Atau ingin memulai bisnis namun merasa belum memiliki fondasi yang kuat? Maka salah satu cara yang efektif adalah dengan mencari partner bisnis.

Di tahun 2020 ini, bisnis berbasis kerjasama dan kolaborasi sedang tren dan diprediksi menjadi model bisnis terbaru.

Hal ini karena kerjasama dan kolaborasi dipandang bisa memberikan kekuatan pada sebuah bisnis. karena pada dasarnya manusia tidak bisa hidup sendiri. Begitu juga dengan bisnis. bisnis tidak bisa berkembang dengan baik jika berjalan sendirian.

Layaknya jodoh, partner bisnis yang baik akan membawa bisnis kita pada tahap yang lebih baik. memilih partner bisnis juga harus melalui beberapa tahapan dan seleksi.
Bagaimana? Anda sudah mulai tertarik dengan konsep bisnis partnership, kerjasama, atau kolaborasi?
Sebelum menentukan partner bisnis, ada baiknya Anda mengikuti 4 tips di bawah ini.

1. Mempunyai Visi Misi yang Sama
Tips pertama yaitu memiliki visi dan misi yang sama. Jika visi dan misi tidak sejalan, maka sangat besar kemungkinan untuk timpang di tengah jalan.
Perdebatan tak terhindarkan. Hal ini nantinya bisa menghambat perkembangan bisnis. lagi-lagi, layaknya jodoh, partner bisnis harus punya tujuan yang sama.

2. Punya Reputasi dan Latar belakang yang baik
Memang, semua orang bisa berubah seiring perjalanan. Namun tak ada salahnya Anda memeriksa reputasi dan latar belakang calon partner Anda sebelum menjalin kerjasama secara profesional.

Lakukan wawancara atau obrolan untuk memastikan dia adalah calon partner yang tepat. Atau Anda bisa memeriksa reputasinya dari orang-orang yang pernah menjalin kerjasama dengan dia sebelumnya.
Contoh lain, jika Anda sudah punya modal dan ingin menjalin kerjasama dengan brand, maka Anda bisa membeli lisensi franchise brand tersebut.

Namun sebelum menjadi mitra franchise tersebut, Anda tentu melihat potensi yang dimiliki bukan? Apakah dengan membeli franchise ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan? Apakah produknya laku dan disukai? Dan lain-lain.

Misalnya, jika Anda menjadi mitra Doyan Ayam, maka Anda bisa melihat bahwa Doyan Ayam punya reputasi yang baik. Brand-nya sudah dipercaya ratusan mitra di seluruh Indonesia. Produknya laku dan disukai.

Maka Anda bisa memutuskan bahwa Anda bisa bermitra dengan Doyan Ayam.

3. Skill dan Expertize calon partner
Mengetahui kemampuan dan keahlian calon partner adalah hal yang penting. Sebab dengan mengetahui keahliannya, Anda bisa menentukan apakah dia orang yang tepat dan Anda butuhkan dalam tim.

4. Pembagian tanggung jawab yang jelas
Tips selanjutnya yaitu pembagian tanggung jawab yang jelas. Selain itu, aturan bisnis lain-lain harus disepakati sejak awal. Hal ini diperlukan untuk menghindari hal-hal di kemudian hari yang bisa merugikan salah satu pihak.

Leave a Reply

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp atau kirim email waralaba@doyanayam.com

× Hubungi Kami via Whatsapp