fbpx

Suka Pedas? Ternyata Ini Manfaat Makanan Pedas yang Jarang Diketahui

Makanan dengan citarasa pedas selalu menarik perhatian. Banyaknya masyarakat Indonesia yang menyukai makanan pedas, membuat banyak bisnis makanan yang berlomba-lomba membuat menu paling pedas.

Bagi Anda yang suka pedas, sensasi panas dan berkeringat mungkin menjadi salah satu kesenangan ketika mengonsumsi makanan pedas.

Selain itu, makanan pedas juga dipercaya bisa menghilangkan kantuk. Makanya banyak mahasiswa yang suka jajan makanan pedas. Sebab mereka harus tetap terjaga untuk menyelesaikan tugas-tugas yang menumpuk.

Tapi tahukah Anda, di balik sensasi tersebut, makanan pedas ternyata memiliki manfaat, lho! Apa aja manfaatnya? Cus, simak sampai habis.
1. Meningkatkan daya kerja otak
Otak kita membutuhkan banyak nutrisi untuk tetap sehat. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan otak adalah zat besi. Faktanya, cabai mengandung zat besi.
Zat besi bisa meningkatkan aliran darah yang bisa memicu daya kerja otak semakin maksimal. Jadi gak salah nih kalau sebelum mengerjakan tumpukan tugas, mahasiswa jajan atau makan makanan pedas.

Salah satu makanan pedas yang bisa Anda coba adalah menu ayam geprek saus dari Doyan Ayam. makanan ini sangat cocok untuk Anda pecinta pedas.

  1. Membantu memenuhi kebutuhan vitamin A
    Dilansir dari rancah.com, cabai mengandung vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya mata. Dengan kata lain, vitamin A yang terkandung pada cabaik bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin A untuk tubuh kita.
    Jadi untuk Anda yang suka makan pedas, ini adalah kabar baik. Namun, tetap saja, jangan berlebih mengonsumsi cabai, ya.

  2. Mengurangi rasa sakit
    Rasa pedas pada cabai berasal dari zat capsaicin. Dilansir dari fimela.com, zat capsaicin pada cabai bisa menghambat sinyal tertentu ke otak. Salah satunya adalah menghambat rasa sakit yang dirasakan.

Itulah mengapa banyak krim penghilang pegal dan sakit di tubuh, memberi sensasi panas dan pedas seperti cabai. Sebab krim tersebut mengandung zat capsaicin.

Termasuk ketika Anda sakit kepala, makanan pedas bisa membantu mengurangi sakit kepala, lho. Pada penelitian di American Academy Of Neurology Annual Meeting in Philadelphia, kandungan capsaicin membuktikan dapat mengurangi sakit kepala. Hal ini didukung oleh 13 dari 18 yang mengalami keluhan sakit kepala.

  1. Terhindar dari infeksi jamur
    Dilansir dari sumber yang sama, cabai memiliki khasiat sebagai anti jamur. Ketika dicampur dengan bahan-bahan makanan lain, cabai bisa membunuh jamur yang menyebabkan radang usus.

Itulah 4 manfaat cabai yang jarang diketahui. Namun, mengonsumsi cabai secara berlebihan juga gak baik, ya. Konsumsilah dalam batas wajar sesuai kemampuan Anda.

Leave a Reply

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp atau kirim email waralaba@doyanayam.com

× Hubungi Kami via Whatsapp