fbpx

Tips Mendatangkan Pelanggan dari Media Sosial

Media sosial menjadi lahan yang subur untuk melakukan branding dan marketing. Kalau Anda ingin membangun kepercayaan dan meningkatkan penjualan, maka manfaatkanlah media sosial.

Namun, tidak semua platform media sosial bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Pilihlah satu atau dua platform yang paling cocok untuk bisnis Anda.
Jika bisnis Anda bergerak di bidang kuliner dan fashion, maka Instagram menjadi platform yang cocok. Karena sebagian besar pengguna Instagram berada di rentang usia 18 sampai 40 tahun. Usia yang sangat tertarik dengan kuliner dan fashion.

Begitupun dengan platform lain seperti Facebook, Youtube, atau TikTok. Masing-masing platform punya karakter pengguna yang berbeda.
Brand Doyan Ayam memilih Instagram dan website untuk mendatangkan konsumen.

Lalu, bagaimana cara mendatangkan pelanggan dari media sosial? Berikut langkah-langkah yang harus Anda coba.
1. Kenali target pasar dan jenis media sosial
Seperti yang sudah dibahas tadi, maka langkah pertama untuk mendatangkan konsumen lewat media sosial adalah kenali target pasar Anda.
Siapa target pasar Anda? Apakah anak muda usia 18 sampai 25 tahun? Atau Milenial usia 25 hingga 40 tahun?
Setelah mengetahui target pasar, maka lihat media sosial mana yang paling banyak mereka gunakan.

2. Fokus pada Goals (Tujuan Akhir)
Langkah ke dua yaitu fokus pada golas. Kita membuat media sosial bisnis goalsnya apa? Apakah ingin bangun branding? Ingin memperluas trafik dengan meningkatkan followers? Atau ingin meningkatkan konversi penjualan?
Karena beda goals, beda juga strateginya. Untuk membangun branding, maka Anda perlu membuat konten marketing. Buat konten-konten yang bermanfaat, menghibur, edukatif, dan informatif untuk calon konsumen.

3. Strategi Pemasaran yang kreatif
Walaupun memiliki pengguna yang banyak, namun media sosialnya juga tinggi persaingan. Anda harus melakukan strategi pemasaran yang kreatif sehingga bisa menarik perhatian publik.
Misalnya dengan mengadakan kuis dan kontes. Jangan lupa juga, berikan desain sekreatif mungkin.

4. Memahami Algoritma
Beda platform, beda juga cara optimasinya. Untuk mengoptimasi akun media sosial, Anda perlu memahami algoritmanya.
Sederhananya, algoritma ini adalah sistem yang mengawasi apa yang disukai pengguna.
Jika di Instagram, Anda perlu mempelajari optimasi Instagram dengan cara optimasi profil, memakai hashtag yang tepat, posting di waktu ramai, dan lain-lain. Anda juga bisa mengevaluasi strategi dengan mempelajari insight Instagram.

Itulah beberapa cara mendatangkan konsumen lewat media sosial. Kira-kira, platform media sosial apa yang cocok untuk bisnis Anda?

Leave a Reply

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp atau kirim email waralaba@doyanayam.com

× Hubungi Kami via Whatsapp