Lakukan 3 Langkah Ini Agar Bisnis Tetap Bertahan dari Masa ke Masa – Doyan Ayam

Lakukan 3 Langkah Ini Agar Bisnis Tetap Bertahan dari Masa ke Masa

Setiap hari, selalu ada hal baru dalam dunia bisnis. Dengan begitu, banyak juga bisnis dan brand baru bermunculan. Jika kamu tidak bergerak cepat dan memperbaiki strategi bisnis, bisa-bisa bisnismu tertinggal dan terlupakan.

Pasti gak mau, dong, bisnis yang sudah kamu rintis dari susah-payah harus berakhir begitu saja? Apalagi dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan keadaan yang tak terduga, kamu harus persiapkan diri agar bisnismu bisa bertahan dari masa ke masa.

Berikut ini tiga langkah yang wajib kamu lakukan agar bisnismu bisa bertahan.

1. Meningkatkan kualitas produk, SDM, dan pelayanan
Kebutuhan dan keinginan selalu berubah dan bertambah setiap harinya. Contohnya, jika dulu masyarakat hanya perlu sabun cuci yang ampuh membersihkan, maka sekarang masyarakat ingin sabun cuci yang wangi, lembut di tangan, dan juga ampuh membuat pakaian bersih.

Dengan peningkatan kebutuhan dan keinginan tersebut, seorang business owner dituntut untuk meningkatkan kualitas produknya. Selain kualitas produk, kualitas SDM dan pelayanan pun menjadi sangat krusial.

Kualitas SDM, produk, dan pelayanan yang baik akan membuat citra bisnis dan brandmu semakin baik. Itulah salah satu cara agar bisnismu mampu bertahan.

2. Berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan pasar
Seperti poin sebelumnya, adaptasi terhadap perkembangan pasar itu penting. Namun, adaptasi saja tidak cukup. Kamu harus bisa berinovasi dalam berbagai hal, termasuk ketika menjalankan strategi pemasaran dan inovasi produk.

Misal, brand Doyan Ayam yang membuat berbagai inovasi saus geprek yang enak dan praktis. Dengan inovasi tersebut, Doyan Ayam lebih mudah dikenali dan diingat oleh konsumen.
Inovasi yang baik dan berhasil akan membawa dampak besar terhadap bisnismu.

3. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan
Langkah selanjutnya yang wajib kamu lakukan agar bisnismu bertahan adalah menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Kebanyakan bisnis hanya fokus mencari konsumen baru, tapi lupa bahwa ada konsumen lama yang perlu dijaga kepercayaannya.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Misalnya, mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk dan pelayanan. Jangan sampai pelanggan kecewa dan akhirnya berpaling ke brand lain.

 

Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing online kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp

× Hubungi Kami via Whatsapp