Menghadapi 3 Tantangan Bisnis di Era Digital, Sudah Siap? – Doyan Ayam

Menghadapi 3 Tantangan Bisnis di Era Digital, Sudah Siap?

Gak bisa dipungkiri kalau era digital telah dimulai. Itu artinya akan banyak peluang juga tantangan bisnis yang muncul beriringan. Beberapa penyebabnya antara lain perkembangan teknologi dan kecepatan informasi.

Bagi pelaku bisnis, di satu sisi era digital telah membuka peluang bisnis seluas-luasnya. Sehingga para pebisnis bisa memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas.

Namun di sisi lain, peluang tersebut tentunya diiringi dengan tantangan-tantangan. Berikut beberapa tantangan bisnis di era digital dan cara menghadapinya.

1. Kecepatan informasi dan perubahan kebutuhan
Perkembangan teknologi dan internet memengaruhi kecepatan informasi. Setiap hari, masyarakat dihadapkan dengan berbagai informasi dari berbagai aspek.

Hal ini bisa menyebabkan perubahan kebutuhan dan keinginan masyarakat, karena terpengaruh oleh badai informasi yang diperolehnya.

Perubahan ini terjadi begitu cepat, contohnya ketika ada sesuatu yang baru, potensi viralnya akan besar. Semua orang ingin ikut ambil bagian dari keviralan tersebut. Keviralan tersebut akan berganti terus secara cepat.

Inilah yang menjadi tantangan bisnis di era digital. Para pebisnis harus bisa menyesuaikan diri dan berinovasi untuk mengikuti tren agar tidak tertinggal. Namun, perlu diingat, mengikuti tren juga harus diimbangi dengan kapasitas bisnis dan strategi jangka panjang.

2. Transformasi digital dan penyesuaian
Tantangan yang kedua yaitu adanya perubahan yang sangat cepat di industri digital. Teknologi ini diharapkan dapat menghemat waktu, energi, dan biaya namun dapat mencapai hasil yang maksimal.

Pelaku bisnis digital harus terus belajar hal baru dan memahami arah perkembangan teknologi. Mulai dari mengubah cara lama dalam bertransaksi, hingga pembaruan dalam strategi marketing.

Terdengar melelahkan, ya? Namun, jika sebuah brand atau perusahaan dapat menyesuaikan perkembangan digital ini dengan baik, hal ini akan membawa dampak jangka panjang terhadap bisnis tersebut.

3. Sumber Daya Manusia (SDM)
Untuk mengimbangi transformasi digital dan informasi yang begitu pesat, sebuah bisnis harus mempersiapkan diri untuk mengupgrade kemampuan SDM-nya secara keseluruhan.
Dengan begitu, pembaruan teknologi bisa dioptimalkan dan dikelola oleh sumber daya yang mumpuni.

Nah, itulah beberapa tantangan bisnis di era digital dan cara menghadapinya. Gimana? Sudah siap berbisnis dan bersaing di era digital?

 

Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing online kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp

× Hubungi Kami via Whatsapp