4 Kebiasaan Buruk Anak Muda yang Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung – Doyan Ayam

4 Kebiasaan Buruk Anak Muda yang Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Usia muda memang banyak digunakan untuk bersenang-senang, diforsir untuk pekerjaan, hingga lupa untuk beristirahat. Tak jarang, kebiasaan-kebiasaan buruk pun timbul saat usia muda.

Beberapa kebiasaan buruk anak muda ternyata bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, lho! Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling berbahaya.

Menurut riset, setidaknya 15 dari 1000 orang mengidap penyakit jantung. Kabar buruknya, penyakit jantung tidak hanya mengancam orang usia lanjut, namun juga bisa mengancam pada anak muda dengan usia di bawah 40 tahun.

Penyakit jantung sangat erat kaitannya dengan gaya hidup dan kebiasaan hidup seseorang. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang umumnya dilakukan anak muda dan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

1. Terlalu sering rebahan
Kebiasaan buruk yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung adalah terlalu sering rebahan atau jarang bergerak. Istilah mager atau malas gerak semakin popular di kalangan anak muda.

Merasa nyaman di tempat tidur sambil bermain gadget seharian tentu tidak baik untuk tubuh. Sebelum menimbulkan bahaya untuk tubuh, sebaiknya kamu selingi waktu rebahan dengan beraktifitas, misalnya jalan kaki atau jogging 30 menit sehari, bersepeda, atau senam bersama keluarga.

2. Malas olahraga
Setali tiga uang dari kebiasaan buruk sebelumnya, malas berolahraga menjadi faktor penyebab penyakit jantung. Kurangnya aktifitas fisik membuat jantung menjadi lemah dan berisiko terjadi penumpukan lemak di sekitar jantung.

Untuk itu, dianjurkan untuk anak muda melakukan aktifitas aerobik minimal 30 menit setiap hari. Aktifitas aerobik antara lain jalan kaki, berenang, dan bersepeda.

3. Terlalu sering begadang
Usia muda adalah usia produktif untuk bekerja dan melakukan aktifitas lainnya. Karena semangat yang tinggi, anak muda pada umumnya memiliki kebiasaan begadang. Padahal, waktu tidur yang tidak tercukupi bisa meningkatkan risiko penyakit, misalnya penyakit kulit, hati, ginjal, hingga penyakit jantung.

4. Merokok
Dikutip dari Klikdokter, zat-zat yang ada pada rokok bisa mempersempit pembuluh darah, termasuk pembuluh darah pada jantung. Nikotin pada rokok bisa menyebabkan pengentalan dan pembekuan darah, yang pada akhirnya bisa memicu penggumpalan dan menyumbat aliran darah ke jantung.

Itulah sebabnya merokok dan konsumsi nikotin harus dihindari agar tidak meningkatkan risiko penyakit jantung di usia muda.

Bagikan Artikel ini
  • 12
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    12
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing online kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp

× Hubungi Kami via Whatsapp