5 Bahan Makanan yang Bisa Bikin Hidangan Jadi Lebih Segar – Doyan Ayam

5 Bahan Makanan yang Bisa Bikin Hidangan Jadi Lebih Segar

Sebuah hidangan yang lezat harus memiliki komposisi bahan dan bumbu yang pas. Serta diolah dan dimasak dengan baik sehingga mengeluarkan aroma yang menggiurkan.

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, hidangan-hidangan nusantara pun memiliki rasa yang tak kalah nikmat. Bahkan, kekayaan rempah yang Indonesia miliki menjadi salah satu keunggulan. Sehingga, masakan yang dihidangkan memiliki cita rasa khas dan bervariasi.

Namun, sebagian besar hidangan memerlukan acidity (keasaman) untuk menambah rasa dan membuat hidangan menjadi lebih segar.

Di bawah ini, ada beberapa bahan makanan yang sering dipakai untuk menambah kesegaran pada sebuah hidangan, antara lain:
1. Asam Jawa
Asam Jawa merupakan salah satu bahan yang paling sering dipakai untuk menambah rasa segar sebuah hidangan. Asam Jawa berasal dari buah asam yang sudah masak dan bertekstur lembek dengan biji yang cukup besar.
Asam Jawa menjadi bahan pelengkap yang tak boleh dilupakan bagi beberapa hidangan, misalnya bumbu pecel (bumbu kacang), bumbu ayam kecap, kuah asam, dan lain-lain.

2. Jeruk nipis
Selain Asam Jawa, jeruk nipis juga banyak dipakai untuk menambah citarasa pada makanan. Biasanya jeruk nipis ditambahkan untuk makanan-makanan bercitarasa pedas dan bersantan. Sehingga makanan pedas dan bersantan tadi memiliki rasa yang lebih segar dan tidak membosankan.

3. Lemon
Lemon juga sering dipakai sebagai bahan makanan penambah acidity. Lemon biasanya digunakan untuk makanan-makanan manis dan makanan pendamping. Seperti salad, cake, dan dessert.

Selain itu, Lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada bahan makanan sumber protein, misalnya ayam, daging, ikan, dan seafood.

4. Tomat
Bahan makanan selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat hidangan jadi lebih segar yaitu Tomat. Tomat memiliki berbagai macam jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis hidangannya.

Untuk penambah acidity pada salad, kamu bisa menambahkan Tomat Cherry yang berbentuk kecil dan sedikit lonjong. Sedangkan untuk dibuat bumbu, sambal, dan saus, kamu bisa menggunakan tomat hijau dan merah yang sangat mudah dijumpai di pasar tradisional.

5. Timun
Tak banyak yang menggunakan timun untuk menambah rasa segar dalam makanan. Padahal, timun bisa menetralisir makanan dengan rasa yang tajam. Irisan timun segar bisa kamu tambahkan pada makanan bercitarasa pedas dan bersantan. Sedangkan untuk makanan tinggi protein, kamu bisa mengolah timun menjadi acar yang segar.

Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing online kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp

× Hubungi Kami via Whatsapp