5 Ide Bisnis Ini Bisa bikin nambah Uang Jajan Buat Mahasiswa loh!

Sebagai seorang mahasiswa tentunya terbesit ingin memiliki penghasilan tambahan selain uang saku dari orang tua.
Namun, sebagian dari mereka bingung mendapatkannya darimana. Jika jeli melihat peluang, terdapat beberapa bisnis yang bisa dijalankan meskipun dengan modal kecil.
Tak hanya itu, banyak pula bisnis yang dapat dijalankan meski tanpa modal, contohnya seperti jasa penerjemah.
Jika ingin memulai membuka bisnis namun Anda masih bingung, simak daftar ide usaha yang akan kami berikan di bawah ini:

1. Bisnis barang bekas (preloved)

Jual beli barang bekasa saat ini sedang naik daun. Banyak orang lebih memilih membeli barang bekas (preloved) karena cenderung lebih murah.
Anda dapat memanfaatkan hal ini apabila memiliki barang yang masih layak pakai dan dicari banyak orang. Cukup dengan memasarkan via media sosial atau teman-teman Anda dapat membuat bisnis ini cepat berkembang.

2. Membuka les privat

Anda dapat memanfaatkan ilmu Anda dengan membuka usaha les privat. Untuk target market sendiri, Anda dapat mengajar anak SD, hingga SMA.
Tak hanya di bidang akademis, Anda juga dapat membuka les privat ketrampilan tertentu. Seperti les vokal, berenang, les gitar dan lain sebagainya.

3. Bisnis jasa penerjemah

Sebagai mahasiswa, Anda dituntut untuk bisa berbahasa asing, terutama bahasa Inggris.
Namun jika Anda memiliki kemampuan selain bahasa Inggris, Anda dapat menjadikannya sebagai peluang usaha. Anda dapat membuka bisnis sebagai jasa penerjemah, karena bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan bagi mahasiswa.

Bisnis jasa penerjemah merupakan salah satu bisnis yang tidak mengeluarkan modal sama sekali. Jadi, bisnis ini sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin menambah penghasilan.

4. Freelance fotografer dan videographer

Jika Anda memiliiki skill di bidang fotografi dan videografi, maka Anda dapat menjadikan hal tersebut sebagai ladang cuan. Karena saat ini industri kreatif telah berkembang dan saat ini banyak bisnis yang membutuhkan jasa foto dan video.
Misal untuk dokumentasi pernikahan, ulang tahun bakan untuk foto produk usaha.

Bisnis ini memang membutuhkan modal, yaitu membutuhkan kamera dan laptop untuk keperluan ini. Anda juga dapat memanfaatkan gawai Anda untuk edit video, sebab sudah banyak aplikasi di gawai Anda yang sudah mumpuni untuk mengedit sebuah foto ataupun video.

5. Menjadi Asisten dosen

Jika Anda dapat memanfaatkan tempat kuliah Anda untuk mendapatkan uang jajan tambahan. Anda dapat mengajukan diri sebagai asisten dosen.
Terkadang, dosen akan memberikan fee kepada mahasiswanya apabila Ia dapat membantu menyelesaikan tugasnya.
Bisnis ini juga salah satu peluang usaha bagi mahasiswa yang tidak membutuhkan modal.

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
×