4 Tips Jitu Memulai Karir Sebagai Perantau

Bagi kalian para perantau yang baru memulai adu nasib di kota tujuan kalian, kali ini kita akan memberikan tips memulai karir untuk bekal kalian semua.

Sebagian orang bisa menjadi perantau yang sangat berat jika tidak memiliki persiapan matang dan tepat. Apalagi jika tujuan kamu merantau untuk bekerja dan memulai hidup baru di kota lain.

Yuk kita simak bersama tips memulai karir untuk perantau, letā€™s check this out!

  1. Menghitung Biaya Hidup Awal di Kota Tujuan

Hal pertama yang bisa kalian lakukan sebelum merantau ke luar kota adalah perhitungan biaya awal. Kamu harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk pindah dan bekerja di kota tujuanmu.

Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya hidup di kota besar seperti Jakarta atau ibu kota provinsi lainnya cenderung lebih mahal. Walaupun juga diimbangi dengan Upah Minimum Provinsi yang juga tinggi.

Perhitungan biaya awal harus dilakukan karena kamu belum mendapatkan gaji di awal kamu datang untuk merantau. Kamu bisa berhemat dengan menyewa tempat tinggal atau kos yang dekat dengan tempat kerjamu. Atau kamu bisa mencari akses ke tempat kerja yang dilalui transportasi umum sehingga bisa hemat biaya transportasi.

  1. Mempersiapkan Keberangkatan dengan Sebaik Mungkin

Sebelum memulai karir sebagai perantau, kamu harus mempersiapkan keberangkatan dengan baik dan matang. Pastikan persiapan kamu sudah sesuai kebutuhan. Persiapan ini bukan hanya secara fisik, seperti kelengkapan dokumen yang bisa mempermudahmu di tempat rantau, namun juga persiapkan kemampuan serta kesiapan mental.

Jika sudah punya pekerjaan impian atau incaran, cek dan siapkan segala hal terkait pekerjaan. TermasukĀ cultureĀ perusahaan, lingkungan kerja, dan tempat tinggal, seperti kos serta kontrakan.

Akan lebih baik lagi jika kamu sudah punya kepastian akan pekerjaan baru agar kamu dapat sampai di rantauan dengan tenang. Jika sudah mendapat pekerjaan, kamu bisa lebih fokus ke tahap selanjutnya untuk memulai karier dalam pekerjaanmu.

  1. Carilah Pengalaman dan Belajar Hal Baru

Saat kamu mau berkarier sebagai perantau, kamu bisa sekaligus belajar mandiri dan mencoba hal baru. Dalam pekerjaan dan karier, cobalah cari pengalaman dengan mengikuti pelatihan atau seminar yang akan membantumu.

Kamu juga bisa menambahĀ skillsĀ baru yang berguna untuk pengembangan kariermu ke depannya. Jika kamu memilikiĀ skillsĀ yang bermanfaat dan berguna di dunia kerja, maka kamu tidak akan lagi khawatir untuk bertahan saat merantau.

Bertahan di tempat kerja dan belajar dengan tekun bisa menjadi awalan yang baik untuk memulai karier di perantauan.

Namun, yang perlu dicatat adalah saat kamu mencari pengalaman dan belajar hal-hal baru, perhitungkan juga risiko dan jangan gegabah. Ingat juga bahwa awal karier kamu ini bisa menentukan jalan karier seterusnya atau bahkan selamanya.

  1. Membangun Relasi Kerja

Saat kalian memutuskan untuk pindah dan merantau, lebih baik kamu menghubungi kenalan di kota tujuan. Jika memang tidak ada saudara dekat, kamu bisa menghubungi teman-temanmu.

Selalu akan lebih mudah jika kamu mempunyai orang yang menyambutĀ kedatanganmu. Selain itu, kamu juga harus memulai untuk membangun relasi saat akhirnya menetap dan pindah.

Kamu bisa mengawali karir dengan membangun banyak relasi, mengikuti komunitas-komunitas karir atau hobi. Tentu saja hubungan lain yang bisa kamu bangun adalah di tempat kerja baru nantinya.

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top