hand-unrecognizable-woman-with (1)
3 Tips Memulai Bisnis di Pertengahan Tahun Dijamin Bisa Bersaing

Ketika peluang usaha yang menguntungkan baru muncul di pertengahan tahun, kenapa tidak kita coba, kan? Tapi, meskipun memang tidak ada salahnya untuk memulai sebuah usaha yang baru di pertengahan tahun, bukan berarti bisa dilakukan secara asal ya.

Kita tetap harus memiliki strategi yang baik sebelum memulai sebuah usaha baru. Jangan terlalu terburu-buru dalam mengeksekusi sebuah ide juga. Terlebih jika kamu adalah pengusaha muda yang benar-benar baru terjun ke dunia bisnis.

Namun jangan cemas, selama persiapan yang kalian lakukan sudah matang, potensi risiko di awal pembukaan usaha dapat diminimalisir, sehingga mereka yang masih muda pun tetap memiliki kesempatan untuk memulai usahanya di pertengahan tahun ini.

Yuk kita simak bersama, persiapan apa saja yang bisa kita lakukan?

  1. Mengenali Musim Bisnis yang Ingin Dijalankan

Berbisnis tidak serta merta hanya sekedar urusan menjual produk atau menyediakan layanan, tetapi juga memenuhi kebutuhan pasar. Dengan demikian, ada beberapa bisnis yang sifatnya memang secara alami mengubahnya menjadi bisnis musiman.

Layanan cleaning service misalnya saja, mungkin akan lebih laris ketika dipasarkan menjelang musim lebaran lalu, mengingat dalam masyarakat kita memang ada budaya untuk bebersih guna menyambut datangnya hari Idulfitri, kan? Pada waktu yang lain, bisa jadi layanan cleaning service hanya dibutuhkan seperlunya saja.

Dengan begitu, cobalah mengenali sifat bisnis yang ingin kalian jalankan. Apakah bisnis tersebut memang banyak dibutuhkan oleh pasar atau tidak. Kesempatan apa yang bisa dimanfaatkan untuk melambungkan bisnis yang baru berhjalan di pertengahan tahun?

  1. Perhatikan Harga Bahan Baku yang Mungkin Berbeda

Semua bisnis yang ada pasti ada naik dan turunnya, hal tersebut akan selalu datang kapanpun dan terjadi oleh siapapun. Kalian harus perhatikan, apakah bisnis yang akan dijalankan ini membutuhkan bahan baku tertentu dimana saat pertengahan tahun ini apakah sulit ditemukan atau bahkan lebih mudah ditemukan.

Sebagai contoh, makanan olahan yang bahan dasarnya buah. Tentu kita perlu memperhatikan apakah buah yang dibutuhkan tersebut sedang musim atau tidak di pertengahan tahun ini.

Ketika bahan baku yang dibutuhkan memang sedang dalam puncak musimnya, kita bisa mendapatkan bahan baku tersebut dengan harga yang lebih terjangkau. Otomatis, ongkos produksipun bisa lebih murah dan kalian bisa menjual produk dengan harga yang lebih rendah, bahkan bisa mendapatkan margin keuntungan yang lebih besar.

Namun ketika sebaliknya, taka da salahnya untuk menunda membuka usaha. Karena pengadaan bahan baku tersebut pasti akan memaksa kita merogoh kocek lebih dalam yang berimbas pada harga jual akhir.

  1. Membuat Strategi Pemasaran yang Sesuai

Mudah saja, kok, cobalah untuk menyesuaikan strategi pemasaran dengan momen-momen yang ada di pertengahan tahun. Bisa tentang hari kemerdekaan, Iduladha, atau momen-momen lainnya.

Luncurkan bisnis dengan program promo yang berkaitan dengan momen-momen ini sehingga pelanggan pun akan tertarik untuk melirik.

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Promo Lainnya

banner promosi_batcheditor_fotor (1)
Promo 6.6 Double Date
calendar--v1 Berlaku Hingga : 8 Juni 2024
Promo Ramadhan
Paket BuPrek & BuChick
calendar--v1 Berlaku Hingga : 9 April 2024
Promo Takjil
Paket Takjil Ramadan
calendar--v1 Berlaku Hingga : 9 April 2024

Baca Artikel Lainnya

tofu-made-from-soybeans-food-nutrition-concept (1)
Tahu: Mengungkap Manfaat dan Khasiat Makanan Kaya Gizi
Tahu, atau dikenal juga sebagai tofu, merupakan makanan yang telah menjadi bagian penting dalam kuliner...
Baca Lebih Lanjut >
Application Occupation Profession Job Seeker Concept
4 Persiapan Yang Bisa Dilakukan Sebelum Melamar Pekerjaan
Melanjutkan diskusi kita kemarin perihal persiapan sebelum melamar pekerjaan, masih ada 4 hal yang bisa...
Baca Lebih Lanjut >
jahit doyan ayam
Inilah Bisnis yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga
Anda adalah ibu rumah tangga yang ingin punya penghasilan sendiri? Ingin bangun bisnis dari rumah dan...
Baca Lebih Lanjut >

Doyan Ayam

Franchise

Menu Links

Hubungi Kami

Berlangganan newsletter Doyan Ayam

Hubungi Kami

Berlangganan newsletter Doyan Ayam