5 Kesalahan Bisnis Kuliner yang Harus Dihindari – Doyan Ayam

5 Kesalahan Bisnis Kuliner yang Harus Dihindari

kesalahan bisnis kuliner

Bisnis merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang selain bekerja. Dengan berbisnis maka Anda lebih bisa mengatur jam kerja Anda. Namun Anda juga memerlukan usaha yang lebih besar ketika memutuskan berbisnis sendiri. Apalagi jika Anda memiliki karyawan, maka Anda tidak hanya berfikir bagaimana cara mendapat untung. Namun juga berfikir bagaimana cara agar bisa menggaji karyawan setiap bulan. Untuk terjun ke sebuah bisnis bisa dibilang susah-susah gampang. Jika Anda mengert skema bisnis seperti apa maka akan mudah untuk Anda memperoleh laba. Pada bisnis ada banyak sekali kesalahan yang bisa membawa kerugian. Adapun kesalahan bisnis kuliner yang harus Anda hindari adalah:

1. Membuat menu secara asal

Pada bisnis kuliner hal yang paling penting terletak pada menu makanannya. Jadi Anda tidak bisa asal untuk menentukan jenis menu yang akan Anda jual. Biasanya kesalahan satu ini paling banyak terjadi pada pebisnis kuliner pemula. Padahal membuat menu secara asal bisa berdampak buruk pada bisnis yang sedang dijalankan kedepannya.

Sebelum membuka usaha kuliner pastikan Anda tahu betul menu apa saja yang akan Anda jual. Bagaimana cara membuatnya dan berapa modal yang di perlukan. Anda juga bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk melihat jenis makanan yang paling banyak disukai oleh masyarakat saat ini. Baru Anda bisa membuka bisnis kuliner milik Anda.

2. Tidak adanya perencanaan keuangan

Tahukah Anda jika perencanaan keuangan sebelum bisnis itu sangat penting? Ya, jika tidak ada perencanaan keuangan maka bisnis Anda akan cepat gulung tikar. Buat perencanaan keuangan dari hal yang kecil sampai hal yang besar. Ingat, jangan pernah meremehkan pengeluaran pada bisnis meskipun nominalnya sangat kecil.

3. Tidak bergabung kemitraan dengan resto besar

Kesalahan ketiga yang sering terjadi pada bisnis kuliner adalah menolak untuk bergabung kemitraan dengan resto yang lebih besar. Padahal dengan bergabung kemitraan ini maka jalan bisnis kuliner Anda bisa lebih lancar. Sebab Anda tidak perlu bingung untuk menjual makanan apa, dengan harga berapa, dan bagaimana cara mempromosikannya.

Seperti ketika Anda bergabung franchise dengan Doyan Ayam maka Anda hanya perlu berjualan tanpa perlu berbelanja bahan baku. Both, bahan baku, dan harga sudah di tentukan oleh pihak Doyan Ayam. Sehingga Anda tidak perlu bingung lagi akan berjualan apa. Apalagi Doyan Ayam memiliki pelanggan tetap sehingga jualan Anda pasti laku setiap harinya.

4. Salah memilih karyawan

Setelah tahu akan berbisnis apa maka saatnya menentukan karyawan. Dalam pemilihan karyawan jangan sampai dilakukan secara asal apalagi hanya melihat tampilan fisiknya saja. Lakukan wawancara secara mendalam dengan calon karyawan Anda. Sebab karyawan inilah yang nantinya menjadi salah satu faktor penting kesuksesan bisnis kuliner milik Anda.

5. Pemilihan lokasi yang salah

Seringkali terjadi pada pebisnis kuliner pemula, dimana mereka salah menentukan lokasi untuk berjualan. Dimana hal ini kemudian berdampak buruk pada jalannya bisnis dan bisa membuat bisnis bangkrut atau gulung tikar. Pastikan Anda memilih lokasi yang strategis dengan jenis makanan yang Anda jual. Akan lebih baik jika bisnis kuliner Anda berlokasi di pusat kota

5 kesalahan dalam bisnis kuliner diatas harus Anda hindari jika tidak ingin usaha Anda bangkrut. Meski terlihat sepele namun kesalahan bisnis kuliner diatas dampaknya cukup besar. Jadi hati-hati ketika melangkah dalam sebuah bisnis.

Bagikan Artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
×

Hello!

Klik salah satu marketing online kami dibawah ini untuk tersambung via whatsapp

× Hubungi Kami via Whatsapp